Headlines News :
Home » » Pengidap HIV di Medan Mencapai 3.175 Orang

Pengidap HIV di Medan Mencapai 3.175 Orang

Written By Unknown on Selasa, 25 September 2012 | Selasa, September 25, 2012


Medan,  (ANTARA)- Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Medan dari januari 2006 s/d bulan Mei 2012 jumlah penderita HIV/AIDS di daerah tersebut telah mencapai 3.175 orang.
“Intensitas kasus HIV/AIDS di Kota Medan dari tahun ke tahun cenderung meningkat cukup pesat. Hal ini tentu sangat memprihatinkan kita ,apalagi ibu rumah tangga dan bayi juga termasuk yang terinfeksi,” kata Wali Kota Medan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Kemasyarakatan Darussalam Pohan saat membuka Pelatihan Pengembangan Sistem Pelayanan Terpadu Terkait HIV/AIDS Puskesmas, Senin.
Menurut dia, tingkat angka kesakitan dan kematian diakibatkan oleh infeksi HIV/AIDS masih cukup tinggi , serta laju transmisi yang terus meningkat. Untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis penanggulangan termasuk dengan melibatkan Puskesmas.
Puskesmas jelasnya, adalah lini terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, peran Puskesamas dianggap sangat efefktif dan penting dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di daerah ini.
“Pemerintah Kota Medan akan memperkuat Puskesmas agar penanggulangan infeksi HIV/AIDS bisa lebih cepat ditangani,” katanya.
Persolannya adalah apakah pihak Puskesmas dapat dengan cepat dan tepat menangani dan merawat pasien yang terinfeksi HIV/AIDS. Untuk itulah kepada tenaga medis di Puskesmas diberikan pelatihan tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit menular mematikan tersebut.
“Diperlukan upaya penguatan peran puskesmas sebagai lini terdepan yang telah kita miliki sehingga pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik lagi,” katanya.
Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Kesehjateraan Rakyat PemkoMedan t Ahmad Raja Nasution mengatakan tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan tenaga terlatih di Puskesmas yang mau dan mampu berpartisipasi aktif dalam penanggulangan HIV/AIDS.
“Melalui pelatihan diharapkan dapat menghapus stigma dan diskriminasi di kalangan tenaga medis dalam melayani orang dengan HIV/AIDS,” katanya.
Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 25 september 2012 diikuti 59 peserta yang mewakli Puskesmas se Kota Medan.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger