Headlines News :
Home » » Satpol PP harus manusiawi, kata Plt Gubsu

Satpol PP harus manusiawi, kata Plt Gubsu

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | Jumat, Oktober 12, 2012

MEDAN - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara  Gatot Pujo Nugroho, mengimbau agar Satpol PP dalam bertugas tidak menyakiti masyarakat. Penanganan humanis dan manusiawi harus menjadi pola kerja yang wajib diutamakan di lapangan.

Demikian Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Pemerintahan Setdaprovsu Hasiholan Silaen didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provsu Anggiat Hutagalung pada acara Pembukaan Rakor Satpol PP se-Sumatera Utara di Medan, hari ini.

Beberapa peristiwa di daerah yang dilakukan aparat Satpol PP kerap berujung benturan fisik di masyarakat.

Karenanya, Plt. Gubsu, berharap lewat  rakor ini satpol PP dapat meng intropeksi diri dalam bertugas di tengah masyarakat. Satpol PP diharap saat bekerja  tetap mengedepankan pendekatan persuasif dan manusiawi. "Harus dihindari pola arogan dan kekerasan  saat bertugas di lapangan," kata Hasiholan mengutip Plt Gubsu.

Pemprov Sumut meyadari tugas-tugas Satpol PP tidak sederhana, di lapangan sering dijumpai beberapa kendala diantaranya kuranganya perangkat hukum sehingga menimbulkan keragu-raguan bagi anggota Satpol PP dalam mengambil tindakan.

Oleh karenanya Plt Gubsu menghimbau dalam melaksanakan tugas jajaran Satpol PP tetap mengedepankan sikap humanis dengan membangun kesamaan pemahaman, pandangan dan komitmen dalam upaya meningkatkan citra dan kewibawaan seluruh jajaran Satpol PP. "Tingkatkan kinerja dan profesionalisme dalam bekerja", ujar Plt Gubsu lagi.

Plt Gubsu menyampaikan beberapa hal sebagai upaya meningkatkan citra dan wibawa Satpol PP diantaranya, tingkatkan kepekaan terhadap perubahan dan dinamika masyarakat untuk deteksi dini terjadinya gangguan ketenteraman dan ketertiban masyarakat, laksanakan operasi simpatik mendukung terciptanya ketertiban umum dimasyarakat, jalin koordinasi yang baik dan sinergis dengan instansi terkait serta tingkatkan citra dan wibawa melalui pola sikap dan pola tindak.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Rakor Satpol PP se-Sumatera Utara Tahun 2012 Robert Efendi Purba melaporkan maksud dan tujuan Rakor ini adalah untuk meningkatkan koordinasi antara Satpol PP se-Sumatera Utara dan untuk meningkatkan kinerja Satpol PP dalam penegakkan Perda dan menjaga ketertiban umum.

Ditambahkannya bahwa pelaksanaan rakor ini dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2012 di Hotel Danau Toba Medan dengan peserta rakor ini terdiri dari Kepala Satpol PP se-Sumatera Utara dan staf serta narasumber berasal dari Biro Organisasi dan Biro Hukum Setdaprovsu serta Kasat Pol PP Kota Medan dan Sibolga.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger