Headlines News :
Home » » Tiga Perusahaan Perkuat Kerja Sama Sumut-Guangdong

Tiga Perusahaan Perkuat Kerja Sama Sumut-Guangdong

Written By Unknown on Rabu, 14 November 2012 | Rabu, November 14, 2012

MedanBisnis –Medan. Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Indonesia dan Provinsi Guangdong, China perkuat kerja sama ekonomi.
Perkuatan ekonomi ditandai dengan penandatanganan dua kerja sama ekonomi antara satu perusahaan di Sumut dengan dua perusahaan Guangdong dalam acara Bussines Gathering Indonesia-China:North Sumatera-Guangdong Entrepreneur, di Ballroom Aston Medan, Selasa (13/11).

Kedua kerja sama ekonomi itu, yakni antara PT Growth Sumatera Industry dengan PT Longping High-Tech, PT Growth Sumatera Industry dengan Guangzhow Hy Energy technology Co Ltd.
Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho melalui Sekdaprovsu Nurdin Lubis saat itu memaparkan sejumlah potensi ekonomi Sumut. Dia juga meyakinkan pengusaha Guangdong untuk berinvestasi di Sumut.

Pada business gathering itu, Ketua Kerja sama Ekonomi, Sosial dan Budaya Indonesia-China (LIC) Sumut, Fajar Suhendra mengatakan, Guangdong potensial untuk Sumut, demikian pula sebaliknya.

Dia menjelaskan pertumbuhan ekonomi Guangdong yang melaju pesat karena terhubung dengan seluruh provinsi di China. Tidak saja berperan penting di China, Guangdong juga  berpengaruh hingga ke berbagai belahan dunia."Kalau mau berbisnis dengan China, masuki dululah Guangdong. Guangdong memiliki peranan penting dalam sejarah pertumbuhan ekonomi China," katanya.

Demikian juga Sumut, katanya, juga memainkan peran penting di Indonesia. Sumut merupakan kawasan paling strategis di wilayah barat Indonesia, karena kaya akan berbagai potensi sumber daya alam, yang menunjang pesatnya ekonomi nasional.

Ketua Business Gathering Juswan Tjoe juga menyebutkan arti pentingya hubungan yang lebih sinergis antara Sumut dan Guangdong. "Bahwa China sebenarnya ingin memberi banyak untuk pembangunan Sumut," ujarnya.

Kemudian Wakil Ketua Kadin Sumut bidang Hubungan Luar Negeri Jonner Napitupulu mengatakan, kerja sama ekonomi dengan Guangdong semakin memperkuat hubungan sinergis Indonesia dengan China. "Kita berharap kerja sama ini saling menguntungkan," katanya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprovsu Sabrina mengapresiasi kerja sama pengusaha Sumut-Guangdong itu karena sangat relevan dalam upaya mengatasi persoalan ketersediaan pangan dan energi. "Sebelumnya antara Sumut dan Guangdong sudah terlibat kerja sama sebagai provinsi bersaudara," katanya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger