Headlines News :
Home » , , , , » Gatot terima penghargaan dari Presiden

Gatot terima penghargaan dari Presiden

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | Rabu, Desember 19, 2012

(WOL Photo)
MEDAN - Pelaksan tugas (Plt) Gubsu Gatot Pujo Nugroho, menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Presiden Susilo Babang Yudhoyono, di Jakarta tadi malam.

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas komitmen Pemerintah Provinsi Sumut, dalam mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di SME Tower, Jakarta pada Puncak Peringatan ke-84 Hari Ibu tersebut juga disaksikan Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) Setdaprovsu  Iis Faizah Hanum, Selain Pemerintah Provinsi, lima pemerintah kabupaten di Sumut juga memperoleh penghargaan serupa yaitu Pemkab Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat, Kota Medan dan Tanjung Balai.

Penghargaan kepada pemerintah provinsi diberikan atas kinerja dan prestasi yang diraih dalam implementasi pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. “Penilaian dikaitkan dengan kinerja juga mempertimbangkan pembinaan yang dilakukan terhadap kabupatean /kota. Prestasi yang diterima kabupaten/ kota menjadi tolok ukur bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan untuk memberikan penghargaan,” ujar Kepala Biro PPAKB Iis Faizah Hanum, di Medan, hari ini.

Salah satu kinerja yang dinilai adalah Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu dari sepuluh provinsi yang mengembangkan kabupaten/kota layak anak. Pada tahun 2010, ditetapkan  delapan kebupaten/kota menuju layak anak, kemudian pada tahun 2012 ditetapkan lagi tujuh kabupaten/kota menuju layak anak.  Pada tahun 2012 ini, Provinsi Sumut beserta empat kabupaten/kota di Sumut menerima penghargaan sebagai layak anak yaitu Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat  dan Kota Medan.

Di samping itu, Pemprovsu juga dinilai cukup konsisten dalam mengeluarkan berbagai kebijakan pro kepada perlindungan perempuan dan anak juga pemberdayaan perempuan. Diantaranya juga aktif terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan traficking juga perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.

Pemprov Sumut juga telah menjalin kerjasama dengan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak termasuk tindak pidana perdagangan manusia. Dalam pertemuan Gubernur se Sumatera hari ini, juga direncanakan penandatanganan MoU oleh 10 Gubernur se-Sumatera untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak termasuk tindak pidana perdagangan manusia.

Penghargaan APE diberikan kepada 12 kementerian/lembaga, 21 provinsi pemerintah, dan 42 pemerintah kabupaten/kota. Ke-12 Kementerian/Lembaga (K/L) yang menerima penghargaan itu yakni Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kehutanan, Mahkamah Agung, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Sosial.

Sementara 21 provinsi yang menerima penghargaan yakni Provinsi Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatra Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatra Selatan.

Kemudian, Banten, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Bangka dan Belitung, Kalimantan Selatan, Papua.

Presiden SBY dalam sambutannya berpendapat bahwa pergerakan kaum perempuan dalam kehidupan bangsa sangat relevan dan perlu dipertahankan. Dalam peringatan Hari Ibu 2011, Presiden mendorong kaum perempuan untuk turut berkontribusi dalam dunia pendidikan, sosial, kesehatan, serta aktif dalam melestarikan lingkungan. "Saya bangga, saya gembira karena ibu-ibu bukan hanya berkata tapi melaksanakan aksi nyata," ujar Presiden.

Terkait agenda pembangunan global, Presiden menyampaikan dua hal penting, yaitu, peran perempuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) 2015, membangun budaya memuliakan perempuan.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger