Headlines News :
Home » » Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho : Ibu berperan cegah kenakalan remaja

Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho : Ibu berperan cegah kenakalan remaja

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | Rabu, Desember 19, 2012


(Ilustrasi)
MEDAN - ”Tugas utama seorang ibu adalah mendidik anak-anaknya, kalau kita lihat banyaknya tawuran, geng motor, pengguna narkoba, itu bisa jadi karena mereka kurang perhatian dalam keluarga terutama dari ibunya,” tutur Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho saat menghadiri Ramah Tamah pelataran Ruko Putra Anda Jalan Gatot Subroto no.509 Medan, hari ini.

Ramah tamah dengan masyarakat berlangsung sederhana namun penuh hikmat. Hadir dalam acara .Surianda, anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Perkumpulan Majelis Taklim  Medan Petisah, Helvetia , Medan Barat dan puluhan ibu ibu jamaah pengajian.

Sutias menambahkan bahwa sosok ibu merupakan sosok yang multifungsi, satu sisi ibu sebagai ibu rumah tangga, guru bagi anak-anak, istri selaku pasangan suami dan ibu bagi bangsa ini.  Karenanya fenomena dunia remaja yang suka tawuran, dugem, urakan, menggunakan narkoba dan kejahatan lainnya tentu sangat erat kaitannya dengan pendidikan di keluarga.

"Kalau mereka dapat pendidikan yang baik, ahlakul karimah, sopan santun dari keluarga terutama ibunya maka kecil kemungkinan mereka akan mau ikut kejahatan seperti itu. Tawuran dan geng motor yang merusak itu dikarenakan hilangnya rasa kemanusiaan, kebersamaan dan kebangsaan dari diri mereka, maka dari itu hendaknya kita sebagai ibulah yang paling mengambil peran untuk mendidik mereka," harap Sutias.

Lebih jauh Sutias mengatakan bahwa ibu adalah sosok yang mulia dikarenakan tugasnya yang mulia pula. Maka bila kita ingin menjadi seorang yang mulia tentunya kita harus melaksanakan tugas yang mulia itu.

Tugas mendidik anak tidak semata untuk anak sendiri tapi juga anak orang lain. Jika masyarakat anak orang lain melakukan kesalahan maka jadi bersama untuk mengingatkannya. Sutias mencontohkan hal yang menarik terjadi di Palestina, dimana para ibu sama membesarkan dan mendidik anak anak mereka dalam satu kamp.

Mereka sama membesarkan dan mengajari anak anak mereka meski mereka bukan satu keluarga. Dari kamp tersebut lahir para penghafal al-qur’an, mujahid , sementara kaum bapak sibuk dengan perjuangan dan menyediakan makanan. Kalau jiwa kebersamaan seperti mereka ada dalam ibu-ibu Indonesia maka dapat dipastikan negara Indonesia akan jauh lebih baik dari negara maju lainnya.

Sementara itu Surianda anggota DPRD Kota Medan sekaligus sebagai ustadz memberikan tausiyahnya tentang kemuliaan seorang ibu. Dalam islam diajarkan untuk selalu memuliakan ibu. Surga itu dibawah telapak kaki ibu bermakna keridoan seorang ibu atas anaknya dapat menghantarkan anaknya ke syurga. Bila seorang anak yang alim dan rajin beribadah sekalipun bila ternyata ia tidak memuliakan ibunya hingga ibunya murka maka ia akan dilaknat Allah.

Ditambahkannya bahwa ibu selaku istri bagi suami juga harus patuh pada suaminya, jika seorang istri yang alim dan rajin beribadah sekalipun bila tidak patuh pada suaminya, selalu mengabaikan perintahnya, merusak nama baiknya maka Allah juga akan melaknatnya. Jadi ibu ibu yang hadir disini memang special maka dari itu spesialkan lah kami para suami dirumah biar suami ibu juga akan berikan yang special juga ya ibu ibu, rayu surianda disambut senyum simpul dari seluruh hadirin.

Ramah tamah juga diisi dengan pembagian perlengkapan sholat oleh Sutias.Di samping itu juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian obat, suplemen tambahan dan pendidikan singkat kesehatan dan pendidikian keluarga. Sutias juga menyambangi ibu Hadijah (56) yang sedang diperiksa kesehatannya, sambil menyentuh bahunya Sutias mendoakan kesehatan ibu Hadijah agar cepat sembuh dan sehat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger