Headlines News :
Home » » Medan Siap Gelar Pertemuan APEC 2013

Medan Siap Gelar Pertemuan APEC 2013

Written By Unknown on Selasa, 25 September 2012 | Selasa, September 25, 2012


Medan,  (ANTARA)- Kota Medan siap menjadi tuan rumah dalam rangkaian pertemuan Asia Pasicifk Economic Coorporation (APEC) 2013.
“Kota Medan siap menjadi tuan rumah dan mendukung APEC 2013 baik moral maupun moril. Kepercayaan yang diberikan pemerintah puisat ini akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya bersama seluruh warga Kota Medan,” kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap ketika menerima kunjungan Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika Ario Suryodipuro beserta rombongan di Balai Kota Medan, Senin.
Menurut dia, kesiapan Kota Medan untuk menjadi tuan rumah salah satu pertemuan Konfrensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik tidak terlepas dari fasilitas pertemuan, akomodasi dan infastruktur yang dimiliki daerah ini.
“Jadi kita siap untuk melaksanakan pertemuan The Third Senior Official Meeting (SOM 3) and Related Meeting APEC 2013. Saya pun akan melakukan pendekatan, kalau bisa semua pertemuan digelar di Kota Medan,” katanya.
Sebagai bukti kesiapan Kota Medan, Rahudman didampingi Wakil Wali Kota Dzulmi Eldin, Asisten Ekbang Provsu Sabrina melakukan ekspose tentang Kota Medan mulai letak geografis sampai seluruh sarana pertemuan, akomadasi dan infrastruktur. Namun untuk menggelar kegiatan internasional itu tentunya merupakan pekerjaan yang besar, sehingga dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak terkait serta dukungan seluruh lapisan masyarakat.
Sementara itu menurut Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika Ario Suryodipuro, Medan memiliki fasilitas yang dapat menampung berbagai kegiatan tingkat pejabat tinggi SOM 3 and Related Meeting APEC 2013. Dinilainya, pertemuan yang akan digelar di Medan itu sangat rumit dan kompleks sehingga dalam satu hari bisa 17 pertemuan berlangsung secara simultan.
Dijelaskan dia, sebelumnya pihaknya telah melakukan survei dan membuka kesempatan seluas-seluasnya kepada seluruh kota di Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam rangkaian pertemuan APEC 2013. Kota Medan ternyata memiliki berbagai fasilitas yang diperlukan untuk menggelar kegiatan yang dibentuk sejak 1989 tersebut.
“Kota Medan dari segi fasilitas bisa menampung berbagai pertemuan dengan jumlah delegasi mencapai lebih dari 2.000 peserta dari luar negeri. Jadi dalam waktu dua minggu, Kota Medan cukup ramai sehingga diperlukan tempat yang tidak saling berjauhan,” jelasnya.
Selain Medan, lanjutnya, kota lain yang menjadi tempat pertemuan APEC 2013 adalah Bali sebagai tempat rangkaian APEC 2013 digelar. Kemudian, Jakarta sebagai tempat pembukaan pertama SOM 3. Selanjutnya ada berbagai pertemuan tingkat menteri maupun kelompok kerja yang berlangsung di Manado, Makasar serta Surabaya.
Kemudian, Ario memaparkan tema yang diangkat dalam APEC 2013 ini adalah Asia Pasifik yang Berketahanan dan Menjadi Lokomotif Dunia. Untuk mewujudkan tema itu harus dilakukan berbagai pertemuan, salah satunya di Medan.
Dalam pertemuan itu lanjutnya, akan dibahas sejumlah agenda seperti mengenai bagaimana perdagangan dan investasi yang lebih bebas dan terbuka, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan berkeadilan seperti ketahanan pangan dan ketahanan energi, serta peran UMKM.
Lebih lanjut jelasnya, kegiatan ini tentunya berpengaruh terhadap perekonomian bagi daerah yang menggelar pertemuan APEC. Sebab, para peserta akan membelanjakan uangnya untuk cindera mata dan mencari lokasi kuliner guna mencicipi makanan dan minuman khas daerah tersebut.
“Di samping itu kita ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki ketahanan terhadap krisis yang menimpa banyak negara dan ingin menjadikan Indonesia sebagai motor ekonomi dunia. Inilah sisi strategis yang ingin kita capai dalam APEC 2013 ,” katanya
Sebelumnya Pemerintah pusat melalui Kementrian Luar Negeri mempercayakan Kota Medan menjadi tuan rumah pertemuan SOM 3 and Related Meeting APEC 2013. Kegiatan yang akan berlangsung mulai 22 Juni-6 Juli 2013 ini akan dihadiri lebih sekitar 2.000 peserta yang berasal dari 21 negara anggota APEC.




http://www.antarasumut.com/medan-siap-gelar-pertemuan-apec-2013
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger