Headlines News :
Home » » Plt Gubsu ajak umat Islam bersatu

Plt Gubsu ajak umat Islam bersatu

Written By Unknown on Jumat, 16 November 2012 | Jumat, November 16, 2012





(WOL Photo)
MEDAN - Palaksana tugas (Plt) Gubernur Sumut (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho, mengajak umat Islam untuk memunculkan pilar-pilar kebangkitan umat yang salah satunya adalah semangat umat untuk bersatu bangkit,  karena tantangan sudah berada di depan mata.

Dikatakan, momentum Tahun Baru Islam 1433 H memberi keyakinan umat Islam Sumut akan bangkit bersatu untuk kemajuan Sumut.

Perjalanan waktu katanya adalah pengobatan artinya waktu yang berjalan sebagai wadah pengobatan dari kelalaian, kealpaan, ketertinggalan,  sehingga waktu ke depan harus kita raih bersama. Hadir pada Muzakarah ini Ketua MUI Abdullah, Tuan Guru Babussalam Hasyim Sar'kawi , Ketua PT Sumut Emmy, Ka Kanwil Kemenag Sumut Abdurrahim, Ketua FKUB Sumut  Maratua Simanjuntak, Ka Badan Kesbangpol Linmas Sumut, Eddy Syofian dan para ulama Sumut. Gubsu bermohon para ulama tetap menjadi pedoman umarah dan penasihat dalam mengarahkan semua potensi umat apakah di birokrasi, dunia usaha maupun di politisi. nilai utama umat adalah agama. Semua komponen umat berada di bawah shaf ulama.

Muzakarah juga menghadirkan narasumber  Ramli Abdul Wahid yang mengajak umat Islam dalam memilih pemimpin harus mengedepankan jaminan keimanannya karena Iskam memberi nilai utama iman dalam memilih pemimpinnya.Gatot juga berharap persatuan ummat harus tingkatkan agar segala tantangan dari luar bisa diantisipasi bersama.

Pertemuan ini juga menyampaikan kepada umat Islam bahwa MUI akan membangun gedung Pusat Pendidikan Kader Ulama di areal kantor MUI Sumut.

Gubsu merespon rencana tersebut karena kader-kader ulama harus dibentuk melalui pendidikan tidak lahir secara instan. Oleh karena Pusat pendidikan ini sangat strategis untuk dilakukan dan Pemprov akan mendukung program tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Bulan Muharram adalah bulan yang sangat memiliki arti penting bagi umat Islam di seluruh dunia.  Bulan dimana terjadi futuhat kemenangan umat Islam.

Momentum muharram juga menjadi momentum Hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah dan membuka tatanan baru yang menghasilkan peradaban baru.

“Muharram adalah bulan momentum wihdatul ummah kesatuan umat Islam diseluruh dunia,” katanya pada acara yang juga hadir Ketua PW Muhammadiyah Sumut ,Asmuni, Pimpinan Thariqat Babussalam  El Sarwani.

Gatot menambahkan kalau di eropa dan Indonesia peringatan Idul Fitri masih mungkin berbeda, tapi tidak untuk pelaksanaan Iedul Adha, karena haji itu adalah arafah, maknananya arafah itu merupakan episentrum titik pusat dunia ini yang melambangkan kesatuan umat. Tambahnya lagi kota Gren Wich yang menjadi pusat bumi ternyata kurang tepat posisinya secara geografis dan kota Makkah kota suci kita lah yang lebih tepat sebagai episentrum bumi ini tegasnya.

Lebih jauh Gatot menjelaskan kalau Mekkah tepat sebagai episentrum bumi secara geografis, maka lebih tepatlagi kalau Makkah juga menjadi pusat kesatuan umat. Saya yakin akan terjadi kebangkitan umat islam saat ini, karena apa yang diucapkan Rasul bukanlah semata karena hawa nafsunya tapi merupakan janji Allah SWT. Dikabarkan dari Rasul bahwasanya beliau SAW membagi perjalanan umat ke dalam lima periode yaitu masa kenabian, Khulafaur Rasyidin, masa Malik ‘Adhon , mulkan jabariyah raja yang dictator semena mena dan masa kembalinya manusia dipimpin system khilafah sesuai pedoman Rasulullah.

Berdasarkan masa masa itu kami meyakini periode umat Islam saat ini berada pada  akhir periode raja yang dictator dan menuju periode khilafah kesatuan umat Islam kembali. Islam akan Berjaya bila umat Islam sedunia bersatu kata gatot semangat. Terkait fenomena umat Islam saat ini, gatot mengutip satu ayat Al-Quran Surat Al-Anbiya Ayat 23 yang artinya “Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai”.Memahami Ayat diatas Gatot menekankan bahwa apa yang terjadi dimasyarakat saat ini hendaknya kita masing masing jangan menanya apa yang sudah diperbuat bangsa ini namun tanyalah apa yang sudah saya buat untuk kemajuan umat ini.

Pertanyaan tersebut lebih mencerminkan rasa tanggung jawab yang besar dari masing masing pribadi kita jelas gatot.Menutup sambutannya Gatot menghimbau kepada seluruh hadirin agar sama mendukung program Pemerintah Indonesia Maju 2030 dan Indonesia Emas 2045. Mari kita bersatu membangun bangsa bersama sama. Tak lupa gatot juga menghimbau kepada Majelis Ulama untuk berikan pengawasan dan direktif bagi para pemimpin negeri ini termasuk pemimpin Sumatera Utara.

Sejalan dengan Plt.Gubsu Abdullah Syah Ketua MUI Sumut dalam paparannya menyampaikan memang benar umat Islam pernah berjaya kemudian terpecah dan akan bangkit kembali. Dalam Makalahnya Prof.Abdullah Syah menjelaskan Islam pernah Berjaya di eropa dan bukti kejayaan yang sangat membanggakan yaitu istana Al-Hambra yang masih berdiri kokoh di Spanyol. Hebatnya lagi di sana ada berdiri Universitas Toledo yang sama tuanya dengan Universitas Al-Azhar yang para dosennya merupakan ulama besar dunia diantaranya Ibn. Khaldun, Ibn.Taimiyah dan Ibn.Hazmin.

Sementara itu menegaskan kehebatan Islam Ramli Abdul Wahid dalam paparan yang sama juga mengingatkan bahwa Islam agama yang sempurna, lengkap mulai dari mau masuk kamar mandi sampai permasalahan ekonomi, sains, teknologi dan antariksa. Tidak ada disiplin ilmu yang tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an tegasnya. Namun kenyataan saat ini dibeberapa negara justru ajaran Islam lebih tercermin sudah dilakukan orang lain. Pengalaman saya di Jepang  beberapa tahun lalu saya melihat airport nya begitu bersih, transportasinya begitu lancar, sungainya jernih, dan rakyatnya lebih sopan.  Berbeda di Indonesia yang lebih kelihatan kotor, sampah dimana mana , sungainya keruh dan kotor. Inilah satu indikasi kenapa umat Islam itu mundur, karena ajarannya banyak ditinggalkan. Ayo kita kembali kepada ajaran kita yang sempurna dan kita akan menguasai dunia tutupnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger