Headlines News :
Home » , , , , » Plt Gubsu dapat penghargaan dari AS

Plt Gubsu dapat penghargaan dari AS

Written By Unknown on Jumat, 16 November 2012 | Jumat, November 16, 2012

MEDAN - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan penghargaan kepada Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, atas dukungan dan komitmennya  memajukan  program pendidikan di Sumatera Utara.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Pendidikan USAID, Margaret Sancho disaksikan oleh Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Kathryn A. Crockart, serta Direktur program USAID PRIORITAS Stuart Weston  saat peluncuran program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teacher, Administrators and Students (PRIORITAS) di Hotel Aryaduta Ball Room Lantai 9 Jalan  Kapten Maulana Lubis No 8  Medan.

"Terimakasih atas dukungan dan kerjasama ini, mari kita dukung peningkatan kualitas pendidikan  di Sumut melalui Program USAID PERIORITAS," kata Kathryn A. Crockart usai  pemberian penghargaan kepada Plt Gubsu.

Provinsi Sumatera Utara merupakan bagian dari penerima  program bantuan pendidikan USAID senilai 83,7 juta dolar Amerika untuk meningkatkan kualitas pendidikan di 10 provinsi di Indonesia.

Provinsi Sumatera Utara menyambut baik dan mendukung program USAID Prioritas, selain itu Pemrovsu juga menawarkan dukungan yang dibutuhkan untuk menjamin keberhasilan program ini.

"Sebagai mitra, Pemrovsu berharap kerjasama ini akan berjalan dengan baik. Pemrovsu juga berterimakasih kepada pemerintah Amerika Serikat yang terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Sumut," ujar Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

Pendidikan, lanjut Gatot adalah sektor penting bagi masa depan suatu bangsa, karenanya pemerintah Pemprovsu akan terus meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan.

"Kita menyadari bahwa membangun pendidikan yang kualitas tidaklah cukup dengan hanya menyediakan sarana fisik. Pendidikan berkualitas membutuhkan dukungan sistem manajemen dan sumber daya yang handal," imbuh Gatot.

Untuk itu, peningkatan kapasitas tenaga pendidikan dan tenaga non pendidikan menjadi prioritas utama pemrovsu . Namun pemrovsu tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan semua pihak baik masyarakat, swasta, dan negara-negara donor.

Kontribusi semua pihak sangta dihargai, karena itu, Pemrovsu sangat terbuka dan menyambut baik gembira kemitraan bersama United States Agency For International Development (USAID)," ujarnya.

Konsul Amerika Serikat Untuk Sumatera karthryn A Crockat menyampaikan bahwa sebagaimana yang dikatehui baik Indonesia maupun Amerika Serikat, pendidikan berkualitas tinggi merupakan kunci keberhasilan bagi generasi muda serta keberhasilan bangsa. investasi untuk generasi muda akan membantu membuka pintu kearah masa depan yang lebih cerah dan kesempatan lebih banyak.

Investasi di bidang pendidikan juga akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan kemakmuran negara kita serta memperkuat demokrasi.

"Namun kita juga memahami bahwa kita tidak pernah bisa sepenuhnya puas dengan sistem pendidikan yang ada. selalu ada ruang untuk melakukan hal yang lebih baik hal ini dapat dicapai melalui kerja sama. Seperti kemitraan dengan pemerintah nasional dan daerah antara orang tua dan siswa dan guru serta kemitraan antar negara. Saya selaku perwakilan pemerintah Amerika Serikat di Sumatera merasa bangga bahwa pemerintah amerika Serikat dapat turut serta memberikan dukungan kepada Indonesia dalam upayanya memperkuat sistem pendidikan yang akan meningkatkan pelayanan pendidikan. Program ini merupakan  bagian dari komitmen kami di bawah kemitraan komprehensif Amerika Serikat Indonesia yang disepakati Presiden Barrack Obama dan SBY pada tahun 2010 untuk meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan antara kedua negara kita," katanya menjelaskan, hari ini.

Di Sumatera Utara Program USAID PRIORITAS selama 5 tahun akan memberikan dukungan kepada pemerintah Provinsi Sumut  meningkatkan kualitas belajar mengajar serta manajemen dan tata kelola sekolah di 10 kabupaten/kota.

Beberapa   kabupaten tersebut antara lain; Medan, Binjai Deliserdang, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Tapanuli utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Nias Selatan dan dua kabupaten lainya di tahun 2013.

Program ini akan menjangkau sekitar 50.000 siswa di 208 SD, SMP, madrasah dan secara tidak langsung menjangkau ratusan sekolah lainnya.

USAID PRIORITAS akan meningkatkan kemampuan pemerintah kabupetan/kota dan pemerintah Provinsi untuk mengkoordinasi, merencanakan, mengelola dan mendanai pelayanan pendidikan.

Program ini akan bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed), dan IAIN Sumut untuk memperkuat kinerja guru. Lebih jauh lagi USAID PRIORITAS akan meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan di kabupaten/kota dan sekolah dalam manajemen sekolah, analisa keuangan dan tata kelola.

Peluncuran program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teacher, Administrators and Students (PRIORITAS) secara resmi dibuka oleh Plt Gubsu dengan ditandai oleh pemukulan gong didampingi Konsul Amerika Serikat Untuk Sumatera Karthryn A Crockat,  Direktur Pendidikan USAID, Margaret Sancho, serta  Direktur program USAID PRIORITAS Stuart Weston.

Peluncuran  juga disaksikan oleh Walikota Medan, Walikota Tebing Tinggi, Walikota Tanjung Balai, Walikota Sibolga, Bupati Labuhan Batu, mewakili Bupati Nias Selatan, mewakili Bupati Deliserdang, mewakili bupati tapanuli Utara, mewakili Bupati Tapanuli Selatan dan juga  Walikota Binjai.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger