Headlines News :
Home » » Bank Sumut Jadi Bank Devisa

Bank Sumut Jadi Bank Devisa

Written By Unknown on Senin, 10 September 2012 | Senin, September 10, 2012

Medan, (ANTARA) – Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan, naiknya peringkat Bank Sumut menjadi bank devisa telah membuat pelayanan bank daerah ini makin beragam.
“Dengan status baru, Bank Sumut sudah dapat melayani transaksi devisa yang sangat dibutuhkan oleh eksportir dan importir di daerah ini,”katanya di Medann Minggu.
Menurutnya dengan naik peringkatnya Bank Sumut sekaligus meningkatkan kontribusi Bank Sumut dalam menggerakkan roda perekonomian Sumatera Utara.
Gatot juga mengajak seluruh warga dan pengusaha di daerah itu untuk menggunakan jasa Bank Sumut untuk semua aktifitas perbankan sehari-hari.
Selain itu, katanya, sebagai bank devisa Bank Sumut dapat pula melakukan kegiatan usaha perbankan dalam valuta asing.
Bank Sumut sekarang dapat melayani jasa-jasa berkaitan dengan mata uang asing seperti transfer keluar negeri, jual beli valuta asing, transaksi eksport import, dan jasa-jasa valuta asing lainnya.
Dia berharap dengan status baru ini, Bank Sumut dapat terus meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Ketatnya persaingan dunia perbankan tentu menjadi tantangan besar untuk mewujudkan bank yang professional dan tata kelola yang baik.
Menjadi bank yang sehat sudah pasti akan membuat Bank Sumut dapat memberikan kontribusi bagi seluruh warga Sumatera Utara.
“Dengan status sebagai bank devisa, marilah kita tingkatkan pelayanan kepada publik. Dalam waktu dekat kita juga akan go public sebagai bagian merespon perubahan.mari kita bertekad pelayanan Bank Sumut ke depan semakin baik dan professional,” kata Gatot.
Direktur Umum PT Bank Sumut M Yahya menjelaskan, tercapainya status sebagai bank devisa merupakan kebahagiaan sekaligus prestasi bersama seluruh keluarga besar Bank Sumut.
Menurut dia, besarnya transaksi ekspor impor di Sumatera Utara menjadi salah satu pertimbangan untuk meningkatkan status Bank Sumut menjadi Bank Devisa.
Hal tersebut dapat dilihat dari Neraca perdagangan (trade balance) Sumut pada tahun berjalan masih berada dalam kondisi surplus sebesar Rp 8,9 triliun, masih lebih besar dari APBD Sumut tahun anggaran 2012 sebesar Rp 7,68 triliun (116 persen).
Di samping itu , terdapat calon nasabah potensial Bank Sumut yang kegiatan usahanya merupakan kegiatan perdagangan ekspor dan impor.
Setidaknya 10 persen sampai 20 persen transaksi ekspor-impor di Sumatera Utara dapat dilayani Bank Sumut sebagai target tahap pertama setelah menjadi Bank Devisa.
“Sungguh kebahagian tersendiri telah dapat mewujudkan rencana bisnis Bank Sumut sebagai bank umum devisa pada tahun 2012 ini,”kata Yahya.
Namun pihaknya menyadari, tantangannya cukup berat, karena krisis ekonomi global yang terjadi di sejumlah negara ikut menyebabkan pertumbuhan ekonomi di banyak negara khususnya Asia juga mengalami perlambatan.***2***(T.M034/C/B008/B008)
(T.M034/C/B008/B008)

 http://www.antarasumut.com/bank-sumut-jadi-bank-devisa
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger