Headlines News :
Home » » PPKS sukseskan MP3EI di Sumut

PPKS sukseskan MP3EI di Sumut

Written By Unknown on Selasa, 25 September 2012 | Selasa, September 25, 2012



MEDAN - Menteri Riset dan Tekonologi RI, Gusti Muhammad Hatta, di dampingi Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengunjungi satu-satunya Pusat Unggulan Iptek (PUI) di tanah air, yaitu Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Medan, hari ini. Menristek memuji berbagai inovasi produk yang berhasil dikembangkan PPKS Sumut.

Kunjungan kerja Menristek ke Sumut adalah untuk penguatan sistem inovasi daerah Sumut dan pusat unggulan Iptek PPKS tersebut, Menristek memberikan arahan dan berdialog dengan para peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Sumut. Menteri juga melihat langsung proses penelitian dan pengolahan berbagai produk PPKS yang tidak saja menjadi acuan di tingkat nasional, namun juga internasional.

"Baru ada satu saja pusat unggulan Iptek di Indonesia, yaitu Pusat Penelitian Kelapa Sawit ini. Banyak sekali lembaga penelitian yang ingin ditetapkan menjadi pusat unggulan Iptek, namun belum mampu penuhi berbagai kriteria," ujar Gusti.

Menristek berujar PPKS lah yang paling siap dan unggul dari berbagai kriteria berkaitan dengan azas manfaat dan tinjauan akademis serta pengembangan produk yang menyangkut hulu hingga hilir. Olehkarenanya Gusti berharap PPKS dapat menjadi contoh bagi  lembaga penelitian lainnya.

Gusti juga mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan menetapkan 7-8 PUI di tanah air dalam rangka meningkatkan  daya saing bangsa yang terus merosot pringkatnya. Diantara PUI yang akan di-launching, kata Gusti adalah PUI Hortikuktura di Bogor, PUI Penyakit Tropis di Surabaya dan PUI Lahan Sub Optimal.

"Pembentukan pusat unggulan Iptek di berbagai daerah ini adalah juga bagian dari upaya perwujudan MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia-red) dimana Kementerian Ristek dan Teknologi berperan dalam pilar pengembangan SDM dan IPTEK," ujar Gusti.

Sementara itu, Gatot  menilai keberadaan PPKS sangat strategis dalam mendukung keberhasilan program MP3EI diantaranya melalui Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke yang memiliki objek bisnis kelapa sawit. Melalui berbagai riset perkelapasawitan yang dikembangkan oleh PPKS menurutnya akan sangat penting dan bermanfaat dalam menciptakan nilai tambah bagi produk unggulan perkebunan Sumut ini ke depannya.

Di hadapan menteri, Gatot juga mengungkapkan harapannya agar Kementerian Riset dan Teknologi mendukung bebagai program pemerintah pusat di Sumut diataranya penetapan kawasan Medan-Binjai -Deli Serdang-Karo (Mebidango) yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional dan Kawasan Danau Toba yang menyusul akan ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional.

"Kami ingin kementerian riset dan teknologi memberikam support dan arahan untuk mendukung Sumut sebagai Pusat Pertumuhan ekonomi Indonesia bagian barat. Kami juga berharap Menristek juga membantu dan memberi dukungan dalam pengembangan Danau Toba dan Mebidangro sebagai Kawasan Srategis Nasional," pinta Gatot.

Direktur PPKS Witjaksana Darmosarkoro mengungkapkan keberadaan PPKS termasuk pendukung salah satu pilar MP3EI yang mengembangkan penelitian perkelapasawitan dari hulu hinggai hilir. Bekerjasama dengan Kementerian Industri dan PTPN III, PPKS mendirikan pusat penelitian kelapa sawit di Sei Mangke yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

"Kami saat ini fokus mengintegrasi sawit, sapi dan energi. Dengan memanfaatkan bagian tumbuhan kelapa sawit menjadi pakan sapi, dan memanfaatkan kotoran sapi menjadi energi. Setiap 40 ekor sapi mampu berikan energi kepada 22 keluarga. Karena kotoran sapi menghasilkan limbah metana yang 23 kali lebih merusak daripada CO2, maka memanfaatkanya sebagai sumber energi sangat baik," terang Witjaksana.

Dia menjelaskan PPKS berdiri sejak 1916 dan telah berhasil meraih berbagai penghargaan yaitu pada tahun 2010 sebagai perintis penelitian kelapa sawit, penghargaan Anugerah Iptek tahun 2011 dan sebagai Pusat Unggulan Iptek pertama di Indonesia pada Desember 2011.

Dalam kesempatan tersebut PPKS memamerkan berbagai inovasi yang dilakukan diantaranya produk coklat berbahan minyak sawit yang potensial dikembangkan sebagai produk unggulan daerah, minyak goreng sehat tanpa lemak jahat, mesin pencacah kelapa sawit, arang, papan dan puluhan produk dari kelapa sawit lainnya.


 http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=261641:ppks-sukseskan-mp3ei-di-sumut&catid=18:bisnis&Itemid=95
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger