Headlines News :
Home » » Dinkes dukung program keluarga bersih

Dinkes dukung program keluarga bersih

Written By Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012 | Kamis, Oktober 11, 2012

MEDAN – Dinas Kesehatan Kota Medan mendukung adanya program lembaga non pemerintah terhadap 4.000 kepala keluarga di daerah itu untuk berperilaku higienis dan bersih.

“Program itu mencakup dalam program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Dinkes Medan. Hanya saja itu target mereka dari USAID dan kita menyambut baik,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan dr Mardohar Tambunan di Medan, hari ini.

Mengenai program 4.000 KK berperilaku higienis tersebut, Mardohar mengatakan program tersebut juga bekerja sama dengan Dinkes Medan dan akan membantu pelayanan melalui Puskesmas.

“Kalau menemukan penyakit menular atau tidak menular wajib dilaporkan ke Puskesmas atau seperti adanya ditemukan kasus kurang gizi,” katanya sambil berharap lembaga tersebut juga bekerja sama dengan PKK.

Sementara Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Medan drg Irma Suryani mengatakan pihaknya berharap ke depan masyarakat juga harus sadar pentingnya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan ini sudah disosialisasikan pihak Puskesmas dan kadernya.

“Dinas Perkim ada membuat 100 jamban dan ini kurang digunakan masyarakat. Jadi kader diharapkan mengajak masyarakat menggunakannya dan lebih peduli. STBM itu kan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Disinggung mengenai pengawasan STBM itu, Irma mengatakan program tersebut bukan harus diawasi, melainkan untuk mendorong masyarakat agar lebih meningkatkan kepeduliannya yang juga sekaligus ikut mengawasi.

“Jadi kembali kepada masyarakat itu sendiri. Dinkes dalam hal ini hanya bersifat pembinaan,” katanya.

Sebelumnya lembaga High Five telah memilih Medan, Surabaya dan Makassar sebagai wilayah kerjanya dalam upaya mengembangkan model Kelurahan yang menjamin partisipasi dan keterlibatan penuh mitra lokal.

“Target High Five dalam tiga tahun mendatang dapat merubah, merangkul 4.000 KK untuk berperilaku higienis. Di Medan kita pilih Tegal Sari Mandala III, Lingkungan 4,5 dan 6 dan Desa Bangun di daerah Belawan,” kata Distrik Team Leader High Five, Deni Andayuni.

Untuk mencapai jumlah 4.000 KK tersebut, pihaknya berharap agar pemerintah, masyarakat setempat dan berbagai mitra khususnya media untuk membantu agar tercapainya tujuan mendorong perilaku higeinis yang layak di tingkat rumah tangga dan masyarakat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger