Headlines News :
Home » » Pembinaan Gerakan Pramuka akan Ditingkatkan

Pembinaan Gerakan Pramuka akan Ditingkatkan

Written By Unknown on Senin, 24 September 2012 | Senin, September 24, 2012

Rantau Prapat, (Analisa). Pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan akan lebih ditingkatkan lagi. Sebab, gerakan ini menjadi wadah pembentukan pendidikan karakter bangsa yang dilakukan mulai sejak tingkat SD, SMP dan SLTA. Selain itu juga sebagai tempat untuk mempelajari aspek moral dan etika serta ketrampilann yang menjadi bekal hidup kelak di kemudian hari.
"Untuk itu saya akan meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan," kata Walikota Medan H Rahudman Harahap didampingi Wakil Walikota H Dzulmi Eldin usai menerima penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan yakni Lencana Melati di Lapangan Ika Bina Labuhan Batu, Rantau Prapat, Sabtu (22/9).

Apalagi, lanjutnya, sesuai dengan instruksi dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr dr Azrul Azwar MPH agar pemerintah daerah dan kota untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam rangka pembentukan karakter generasi muda. Sekaligus peningkatan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

"Yang paling utama membangun karakter generasi muda kita mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan peningkatan diiplin. Sebab, orang yang disiplin itu memiliki karakter. Untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, bisa diperoleh dengan mengikuti pendidikan gerakan pramuka," ungkapnya.

Dengan diterimanya penghargaan Lencana Melati, Walikota mengaku semakin termotivasi untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan. Orang nomor satu di Pemko Medan ini berharap gerakan pramuka di kota ini harus bisa lebih baik dibndingkan daerah maupun kota lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan ini. Untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan, saya akan menata lahan Cadika Pramuka di Jalan Karyawisata Medan. Saya ingin menjadikan tempat itu benar-benar sebagai kawah candradimuka pramuka di Kota Medan. Dengan demikian gerakan pramuka di Kota Medan lebih baik lagi," harapnya.

Ungkapan senada disampaikan Wakil Walikota Medan Dzulmi Eldin. Guna peningkatan pembinaan pramuka, dia selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Medan berjanji akan mengaktifkan kembali gugus-gugus depan yang ada di Kota Medan. Sedangkan untuk mengembangkan generasi muda untuk lebih baik lagi, maka nantinya akan diaktifkan kembali jambore pelajar.

"Selama ini jambore pelajar saya lihat kurang aktif. Untuk itu harus kita aktifkan kembali. Caranya, kita akan menyurati seluruh kwartir-kawartir yang ada. Saya yakin dengan cara ini gerakan pramuka di Kota Medan semakin bergeliat dan lebih aktif lagi dalam rangka pembentukan karakter generai muda," jelasnya.

Penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati ini diterima Walikota dan Wakil Walikota Medan dalam apel besar peringatan Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 yang dilaksanakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara di lapangan Ika Bina Labuhan Batu. Penghargaan itu disematkan langsung Plt Gubsu H Gatot Pujonugro ST selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut yang bertindak ebagai pimpinan apel.

Ketika memberikan sambutan, Gatot berharap Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 ini dapat mendorong kemandirian gerakan pramuka untuk keberhailan pembentukan karakter kaum muda.

Menurut Gatot, ada 3 sasaran pokok revitaliasi pramuka seperti yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006. Pertama, memperkuat dasar hukum Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal di tanah air.

Kedua, lanjutnya, pembaharuan sistem pendidikan kepramukaan. Sedangkan yang ketiga, kemandirian organisasi. Untuk mewujudkan itu tentunya diperlukan kerja keras, pembiayaan yang dibutuhkan untuk menopang kegiatan pramuka memang sangat besar.

Gatot mengajak semua untuk kembali bersama-sama memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong menolonmg, gotong royong, bertanggungjawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan



http://www.analisadaily.com/news/read/2012/09/23/76310/pembinaan_gerakan_pramuka_akan_ditingkatkan/#.UGAk2WdQRdg
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger