Headlines News :
Home » » Sumut Harus Bisa Jadi Miniatur Kebudayaan di Indonesia

Sumut Harus Bisa Jadi Miniatur Kebudayaan di Indonesia

Written By Unknown on Senin, 24 September 2012 | Senin, September 24, 2012

Kisaran, (Analisa). Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho berkeinginan keberadaan semua suku di Sumatera Utara dapat bersatu, yang akhirnya bisa menjadi miniatur pusat kebudayaan di Indonesia.
"Saya berharap keberadaan semua suku untuk terus bersatu, agar nantinya Sumut menjadi miniatur pusat kebudayaan di Idonesia," harap Gatot saat peresmian pembangunan Joglo Jawa di Kabupaten Asahan, Minggu (23/9).

Apalagi selain suku dan agama, Sumut juga memiliki kelompok warga dari luar, di antaranya orang Pakistan, China, Arab Saudi, India dan lain-lain. "Mari kita jadikan keragaman ini di dalam bingkai NKRI menjadi sebuah kekuatan yang mampu mengangkat Sumut lebih baik lagi," sebut Gatot.

Kepada Pengurus Pujakesuma dan Generasi Muda (GM) Pujakesuma Kabupaten Asahan yang baru dilantik, agar terus mendalami Filosofi Jawa yang merupakan modal untuk merekat persatuan dan kestauan.

"Keberdaan Joglo harus dimaksimalkan sebagai tempat menimba imu pengetahuan tentang kebudayaan jawa," harapnya dalam acara yang dirangkaikan denganpelantikan Pujakesuma dan Generasi Muda (GM) Pujakesuma.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, juga berharap kehadiran Joglo Jawa dapat dimanfaatkan sebagai pusat kebudayaan, khususnya melestrikan buday jawa dan pengetahuan budaya. "Mari kita satukan barisan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui kehadiran rumah-rumah etnis di Asahan," ajak Tufan.

Acara juga dirangkai dengan penggalangan dana guna merampungkan rumah adat itu. Lantunan suara dari Gubsu dan juga bupati, mampu menghimpun dana untuk perampungan joglo itu.

Ketua DPD PUjakesuma, Endang Ngadiman menyatakan, dengan keberadaan orang jawa di Asahan sekitar 59 persen, siap mendukung visi dan misi Pemkab Asahan, karena dalam kenyataannya orang jawa tentunya lebih banyak menikmatinya. "Wajar kalau kita terus bermitra dan mendukung Pemkab Asahan mewujudakan visi dan misinya," ungkap Endang.


http://www.analisadaily.com/news/read/2012/09/24/76331/sumut_harus_bisa_jadi_miniatur_kebudayaan_di_indonesia/#.UGAlhWdQRdg
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger