Headlines News :
Home » » Monyet Eks Pemain Topeng Banyak Derita TBC hingga Hepatitis

Monyet Eks Pemain Topeng Banyak Derita TBC hingga Hepatitis

Written By Unknown on Jumat, 10 Januari 2014 | Jumat, Januari 10, 2014

gambar_berita
(dtc)
detikNews - Jakarta, Apa kabar monyet-monyet eks topeng monyet yang disita dari jalanan Jakarta? Mereka ternyata masih dikarantina di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan Ragunan, Jakarta Selatan. Beberapa di antaranya menderita penyakit parah hingga tak bisa diselamatkan nyawanya.

detikcom mencoba mengunjungi Balai Kesehatan Hewan dan Ikan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemprov DKI Jakarta di Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan. Suasananya sepi dan sunyi. detikcom tak diizinkan masuk oleh penjaga karena dikhawatirkan tertular penyakit monyet-monyet itu. Hanya dokter hewan dan petugas Balai yang diizinkan masuk dengan perlindungan masker dan sebagainya.

"Jangan. Mereka lagi sakit, entar menular lho," sergah seorang petugas saat detikcom meminta izin memasuki Balai, Jumat (10/1/2014).

Kepala Balai Kesehatan Hewan dan Ikan, Aswindrastuti, tak ada di tempat. Namun dia bersedia dihubungi. Aswindrastuti mengatakan monyet-monyet itu belum dilepas ke Kebun Binatang Ragunan karena masih dikarantina.

"Belum dibawa (ke Kebun Binatang Ragunan-red). Masih di sini. Ya dua sampai tiga bulan lagi," kata Aswindrastuti.

Dia menambahkan, beberapa di antara monyet-monyet itu sakit parah. Bahkan ada yang mati karena penyakit TBC. Namun, Aswindrastuti enggan menyebutkan jumlahnya.

"Soalnya masih dalam perawatan, sakit TBC, hepatitis. Iya itu (mati) yang sakit TBC," kata dia.

Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Benvika pada 5 November 2013 lalu pernah menyatakan kala itu sebanyak 67 ekor monyet hasil razia di Jakarta saat ini sedang dikarantina. Dilaporkan 100 persen monyet mengidap cacingan.

"Di sini jumlahnya ada 67 ekor. Yang kena TBC 5 ekor, hepatitis 1 ekor. Dan seratus persen mereka cacingan," ujarnya.

Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) sempat mengunjungi Balai tersebut. Jokowi ingin mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan monyet-monyet hasil razia topeng monyet.

"Saya ingin tahu, ternyata memang sakit kan," ujar Jokowi,
Share this post :

Posting Komentar

 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BINGKAI SUMUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger